[Tutorial] Dark “Crime & Romance” Cover

Holaaa everybody there!

Sorry aku bawa tutor dark lagi. Kebetulan ada yang request dark-crime. Jadi, waktu bikin posternya sekalian aku bikin tutornya. Hohoho…

Tutor kali ini menurutku gak rumit, gak membutuhkan keahlian atau teknik khusus sih. Cuma kalian harus download Topaz DeNoise sama Topaz Adjust. Oh ya, kali ini aku masih pakai PS CS 4 Portable. Hehehe… yang belum punya aplikasi Photoshop bisa download DI SINI. Terus Topaz bisa download DI SINI. Cara instalnya silahkan baca DI SINI.

Okay, langsung meluncur ke TKP yap. Tapi sebelumnya, kita persiapkan dulu alat dan bahan. Cie kaya mau bikin kue. Pertama, PSD Picanta 5077. Aku telusuri linknya di DA gak nemu2 padahal udah ngubek2 galerinya Picanta. Jadi, aku upload ulang. Kalian bisa download DI SINI.

Gambar cast, ada dua yaitu Jung Yonghwa yang ganteng dan si ulzzang yang yang cantik. Ulzzangnya udah aku bikin PNG ya ini.

yonghwa-singles Untitled-2 beautiful-night-lights-on-the-road-artistic-wallpaper
postercredits_3lines_center_tall

CLICK IMAGE TO ENLARGE!

Langkah pertama, udah pasti bikin lembar kerja baru CTRL+N ukuran 500×700 pixels. Pakai background black ya, Guys. Soalnya nanti kita mau biki cover dark.

01

Masukkan gambar cast Yonghwa dan si ulzzang. Letakkan seperti gambar di bawah ini! Gambar Yonghwa kebesaran kan ya… kita kecilin. Bagi yang belum tahu caranya, tekan CTRL+T. Terus drag ujung gambar yang ada garisnya sambil tekan SHIFT. Supaya hasilnya gak gepeng atau lonjong. Lihat gambar ini.

01B

Sudah kan yaaa…. Lanjut!

Masih merupakan langkah pertama, letakkan tekstur kota di bawah layer ulzzang dan di atas layer Yonghwa. Lihat gambar!

 01E

Kemudian hapus bagian garis tepi teksturnya, bagian yang menutupi si ulzzang, dan sedikit di bawah Yonghwa. Sorry,, untuk yang ini aku lupa gak kasih gambar. Penghapusannya disesuaikan aja ya, bagusnya gimana.

Masih langkah memasukkan gambar, kita masukkan tekstur light buatanku seperti gambar di bawah ini. Kalian bisa download DI SINI.

02

Lihat gambarnya. Letakkan tekstur light paling atas, kemudian kurangi opacity (yang dilingkari di gambarnya) menjadi 69%. Hapus secara halus di bagian yang menutupi wajah cast. Ingat! Harus halus dan hanya bagian wajah cast. Kalau rambut dan sekitar wajah biarin aja. Tapi kalau mau dihapus dikit juga bisa supaya tekstur kota tetep keliatan. Kalian bisa menggunakan Erase dengan pengaturan diameter 80px, mode brush, opacity 25% dan flow 35% supaya hasilnya halus.

Hasil setelah dihapus seperti ini ya.

02B

Langkah kedua, teknik pencahayaan dan blending. Aktifkan layer Yonghwa. Kemudian klik menu Image – Adjustment – Curves. Atur seperti gambar berikut!

02c

Nah, sekarang aktifkan layer ulzzang-nya kemudian klik menu Image – Adjustment – Selective Colour. Atur seperti gambar berikut ini! Klik OK.

02d

Kemudian Curve dengan pengaturan seperti ini. Klik OK

02e

Lalu pilih Exposure dan atur seperti gambar ini. Klik OK!

02f

Apa sih gunanya langkah di atas? Kita harus menyamakan warna dan pencahayaan kedua cast. Wajah cast dalam sebuah cover / poster harus sama. Kecuali kalau memang di dalam cover tersebut memiliki lebih dari satu pencahayaan atau blending. Setidaknya, warna wajah cast harus terlihat sama. Aneh kan kalau beda2?

Lanjut ya.

Langkah ketiga, masukkan PSD buatan Picanta tadi. Hapus bagian yang ditunjukkan pada gambar berikut! Gunanya untuk menyesuaikan dengan blending pada covernya, bukan berarti menjiplak atau mengubah-ubah. Cuma sedikit mengedit saat menggunakannya.

02g

Nah, jadinya seperti ini

02h

Kalau sudah, kita lanjutkan.

 Langkah keempat, klik Layer 5 kemudian atur Opacity nya menjadi 69%. Lihat gambar ya

02i

Tujuannya untuk menyamarkan efek light Black-White nya. Kalo mau lebih samar lagi, kalian bisa kurangi lagi di bawah 69%

Next, klik layer gambar Yonghwa, Guys. Lalu klik menu Filter – Topaz labs – Topaz DeNoise. Atur seperti ini:

03A

Jangan terlalu ngeblur, ntar malah kabur. Hoho

Langkah selanjutnya masih gampang kok. Klik layer yang paling atas kemudian klik menu Layer – New Adjustment Layer – Photo Filter. Klik warnanya, ntar muncul deh kaya gambar di bawah. Lihat gambar di bawah ini! Atur kaya gitu.

03b

Step by step udah dilakuin semua, poster udah hampir jadi nih. Sekarang kasih tulisan. Tapi sebelumnya, aktifin dulu Layer 5. Soalnya judul mau ditulis di bawah layer PSD biar dapet efeknya, Guys. Udah ya…

Untuk judulnya ‘DANGER’ pake Feathergraphy Clean ukuran 82 pt. Untuk ukuran font disesuaikan aja, gimana bagusnya.

03c

Kalau judulnya udah ditulis, kasih efek ya teman-teman. Caranya double klik di layer tulisan DANGER. Abis itu,, lihat gambar ini!

03d

Kasih warna fontnya: Klik aja font di posternya, pakai warna ini. Klik OK.

03E

Jangan lupa klik tanda centang!

Langkah-langkah terakhir tinggal kasih identitas penulis, artworker pake Garamound font ukuran 12 pt. Warnanya sama kaya judul tadi.

Setelah itu, kasih credit poster di bawah judul ya. Lihat nih

04

Langkah terakhir gabungin semua layernya dengan menekan CTRL+SHIFT+E pada keyboard. Lalu buka Topaz Adjust, pilih seperti gambar di bawah ini!

04C

Pilih Adjust 4 Preset List kemudian klik yang Color Blast, klik OK.

REQ JINHO - DANGER

Done! Poster selesai. Simpan dengan format JPG/ PNG.

Thanks yang udah baca sekaligus ngikutin step-stepnya. Lain kali aku bikinin tutor yang gak kalah rumitnya. Hahahah… ini sih gampang bingit, soalnya aku selalu rumit bikin poster. Yah, try-error gitu. Kalau gak coba2, mana bakal bisa bikin poster. Boleh REBLOG kok.

DON’T CLAIM AS YOURS!

APPRECIATE IT WITH COMMENT AND LIKE!

QUESTION? ASK IN COMMENT BOX!

Advertisements

Give Your Response Juseyo...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s