[Tutorial] How to Make Dark Romance Cover

Halohaaa… aku bawain tutor poster, bukan teknik-teknik dasar Photoshop lagi. Kali ini, aku anggap kalian udah pinter dasar-dasar Photoshop, so gak usah banyak cicit cuit lagi. Yuuuk cabut guys!

Resources:

Foto Chanyeol

p18mtoosg312j1qft73i19jfa2tb

Tekstur 1

2Time

Tekstur 2

3

Tekstur 3

Light_Texture_001_by_Diellza

light tekstur

1

Credit movie

jjhb

PSD 22 KLH (buatanku) Click to DOWNLOAD

PSD 43 FRENCH BEIGE KRYPTERIA IN DA Click to DOWNLOAD

Plugin tambahan: Topaz Clarity dan Topaz DeJPEG 4

Semua tekstur dan gambar bukan punyaku.

Semua bahan udah siap, yuk kita lanjutkan mencampur semua bahan itu.

1. Buka aplikasi photoshop, buat lembar kerja baru ukuran 450×600 pixels.Ubah layer Background menjadi layer 0 dengan cara klik 2x lalu tekan OK Layer from Background). Buka pengaturan Blending Option (klik 2x pada layer). Pilih Color Overlay dan pilih warna hitam.

2. Setelah itu, buka gambar Chanyeol dan masukkan ke dalam lembar kerja tadi (cara: drag/seret gambar ke dalam lembar kerja).

02

Aktifkan Eraser Tool atau tekan huruf E pada keyboard lalu atur diameter, opacity dan flow seperti gambar di bawah ini!

03a

Lakukan seleksi pada gambar Chanyeol serapi mungkin. Ubah angka diameter eraser-nya untuk menghapus bagian yang mepet dengan wajah Chanyeol agar gambar wajahnya gak hilang sebagian.

3. Layer Chanyeol masih aktif, kan? Klik menu Image – Adjustment – Hue/Saturation. Atur angkanya seperti gambar ini!

04

4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tekstur 1 ke dalam lembar kerja. Caranya, buka tekstur 1 kemudian pilih bagian tekstur yang akan dimasukkan ke dalam lembar kerja dengan Rectangular Tool. Seleksi seperti gambar ini!

05a

Jika sudah diseleksi, tekan CTRL+C kemudian pergi ke lembar kerja kita tadi. Tekan CTRL+V. Letakkan layer tekstur ini di bawah layer gambarnya Chanyeol. Hapus bagian tepi bawah tekstur dengan Eraser tool.

05b

5. Masukkan tekstur 2 dengan cara diseret aja ke dalam lembar kerja. Untuk tekstur yang ini gak diseleksi. Lalu atur kapasitas darkness dengan cara klik menu Image – Adjustment  Levels. Atur seeprti gambar di bawah ini.

05c

6. Berikan efek kedua PSD. Yang belum tahu caranya, klik DI SINI

Letakkan PSD sesuai gambar di bawah ini. Lihat kotak layer! Urutannya: PSD Krypteria – PSD KLH – foto Chanyeol. Atur opacity PSD Krypteria sampe 79%. Untuk PSD KLH 22 tetap 100%.

06

7. Masukkan tekstur 3 dan seleksi seperti langkah no 4.

06a

Copy-kan ke dalam lembar kerja. Lakukan seperti langkah no 4. Atur besar kecilnya tekstur dengan CTRL+T dan geser sesuai anak panah sambil menekan SHIFT agar gambar tidak gepeng atau penyok.

Tekstur ini diletakkan di sudut bawah, di atas layer Chanyeol

06b

8. Hapus bagian tekstur yang menutupi wajah Chanyeol. Lalu atur kecerahan gambar Chanyeol dengan klik menu Image – Adjustment – Curves. Atur Curves seeprti gambar di bawah ini! (Channel RGB, Input 121, output 135). Klik OK!

07

Karena gambar Chanyeol kurang jernih atau halus, kita haluskan dulu ya. Duplikat gambar Chanyeol dengan CTRL+J. Aktifkan layer hasil duplikatnya. Cara menghaluskan gambarnya klik menu Filter – Noise — Reduce Noise. Lihat DI SINI.

Atur angkanya seperti ini!

08 reduce noise

Hasilnya

09

Rapikan bagian tekstur yang belum terhapus. Jangan sampai ada tampilan tepi gambar yang masih nongol di dalamnya.

Sudah ya…. ^^

Lanjutkan misi!

9. Masukkan tekstur Light. Seleksi terlebih dahulu sesuai selera kalian. Penyeleksian seperti langkah no 4. Letakkan layer tekstur light tepat di bawah PSD. Lalu atur blendingnya dengan menggantinya dari Normal menjadi Soft Light dan opacity 69%.

10

Masukkan credit movie di atas layer PSD dan atur besarnya sesuai dengan gambar dan atur warnanya dengan Color Overlay {seperti langkah no 1), pilih warna putih. Masukkan teks judul, nama author, nama artworker, dan quote. Warna font bebas, gak harus sesuai gambar. Asalkan tulisannya bisa dibaca dengan jelas.

11 a

Jenis font yang digunakan

Wheatland-demo untuk teks “Fool”

Wolf in the City untuk teks “Love”

Aparajita untuk teks quote dan nama author serta nama artworker.

Kurangi opacity masing-masing teks sampai 85%

Langkah selanjutnya.

Bubuhkan brush warna hitam di atas gambar Chanyeol. Pengaturannya: opacity 30% dan flow 47%. Diameter 45%. Lihat gambar di atas ya 😀

Tinggal menyatukan semua layer dengan Flatten Image (CTRL+SHIFT+E)

Eit, belom selesai guys.

Setelah layernya disatukan semua, klik Filter – Topaz Labs – Topaz Clarity. Pilih Natural lalu klik Natural Boost II. Klik OK.

11a

12

Masih berhubungan dengan topaz lagi. Filter – Topaz Labs – Topaz DeJPEG4. Klik yang High Quality JPEG (paling atas). Klik OK.

12a

Cara download dan instal Topaz lihat DI SINI

Selesai.

Simpan deh ^^

Bingung? Aku bagikan PSD Signature poser ini. Klik DI SINI untuk mendownload PSD file-nya.

Hasilnya

REQ TIARACHIKMAMU

Selamat mencoba. Semoga berhasil. ^^

DON’T RE-UPLOAD AND LEAVE COMMENT!

Advertisements

12 thoughts on “[Tutorial] How to Make Dark Romance Cover

    • ya ampun Jenk Lanaaaa… q baru buka wp. Gak tau kalo ada Jenk Yuen koment. Okay, aku neluncur sekarang atau besok ya… hihihi
      hoalah gpp jenk. Cast bebas. Yg pnting tekniknya. 😀

      Liked by 1 person

      • Iya udah aq apus…lawong isin…hehe..tapi makasih, skr udah bisa dikit-dikit bikin yg gelap-gelapan kayak gitu. Aq suka kalo temanya gelap-gelapan.

        Like

Give Your Response Juseyo...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s