[Tutorial] How to Make Simple Frame #1

Hallloooo…

How are U all? Baik kan ya? Jangan sampe ada yang sakit.

Kali ini aku share tutor yang super simpel. Mungkin kalian banyak yang udah bisa ya. Tapi aku tetep share tutor ini, mungkin aja ada yang belom bisa.

Langsung aja, tengok ke TKP!

Resources: aku pake poster buatanku sendiri. Kalo kalian mau pake poster buatan kalian, silahkan. Mau pake foto siapapun juga silahkan. Mau pake posterku ini gak ada yang ngelarang.

LONG TIME

Langkah 1

Buka aplikasi Photoshop kalian. Aku pake PS CS4 Portable. Mau CS 2, 3, ato yang lain sama aja kok. Gak ada yang khusus di tutor ini. Setelah PS kalian buka, silahkan buka gambar dengan cara: klik File – Open. Sudah kan ya?Β  Langsung duplicate layer (CTRL+J). Lihat layer yang ditunjuk tanda panah merah.

FRAME 1Click image to enlarge!

Langkah 2

Klik menu Select – All. Maka akan tampil garis putus-putus di sekeliling posternya seperti gambar di bawah ini.

FRAME 2Click image to enlarge!

Langkah 3

Setelah itu klik menu Edit – Fill – Color. Atur warna sesuai selera kalian. Kalo di sini aku pake warna dengan kode 5c0505. Klik OK.

FRAME 3Click image to enlarge!

Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

FRAME 4Click image to enlarge!

Perhatikan posisi layernya.

Langkah 4

Klik menu Select – Transform Selection. Akan tampak garis seperti yang ditunjuk tanda panah gambar ini. Atur Height: 96,0% dan Weight: 97%. Klik tanda centang di kanan atas.

FRAME 5Click image to enlarge!

Untuk menghapus warna coklat yang menghalangi pandangan itu, tekan Delete pada keyboard.

Jeng jeeeng!! Sudah jadi deh. Nih liat hasilnya. Tinggal atur opacity sesuai selera kalian. Kalo di sini, aku atur opacity’nya jadi 68%. Biar kelihatan agak transparan. ^^

FRAME 6Click image to enlarge!

Tinggal Flatten Layer deh. Caranya klik menu Layer – Flatten Layer. Simpan dengan format JPEG.JPE.JPG

Oops! Ada satu model lagi.

Yuk mari disimak.

Pertama, lakukan langkah 1 seperti tutor di atas. Setelah itu klik menu Select – Transform Selection. Atur W: 96,0% dan H: 97%. (Maaf di gambar belum saya tunjukkan. Bisa lihat langkah 4 di atas). Maka akan tampil garis di sekitar poster, klik tanda centang seperti yang dilingkari di gambar. Sudah? Kemudian klik menu Edit – Fill, pilih 50% Gray

FRAME 11Click image to enlarge!

Ini hasilnya setelah klik menu edit.

FRAME 12Click image to enlarge!

Setelah itu, klik menu Select – Transform Selection dan atur height dan weight’nya sama, yaitu 99,5%. Kali ini height dan weight digunakan untuk mengatur tebal garis yang akan dijadikan frame. Jangan lupa klik tanda centang yang dilingkari di kanan atas.

Perhatikan angka yang dilingkari pada gambar berikut!

FRAME 13Click image to enlarge!

Jika sudah, tekan Delete pada Keyboard untuk menghapus warna gray di posternya. Lalu tekan CTRL+D untuk menghilangkan garis putus-putus di sekitar poster. Opacity 100% atau sesuai selera kalian.

Done! Hasil akan seperti gambar di bawah ini.

FRAME 14Click image to enlarge!

Tinggal Flatten Layer dan Save.

Gimana? Sulitkah? Gak sulit kok. Itu simpel banget. Dulu waktu pertama kali nyoba, aku langsung bisa. Kalian juga pasti gitu ya. Itulah tutorial simple frame dariku. Kalo ada yang kurang dimengerti, ketik pertanyaan kalian di kotak komentar. Sampai bertemu di tutorial berikutnya.

Annyeong…

Tinggalkan Komentar walau hanya satu kata untuk menghargai jerih payahku membuat tutorial ini. Don’t claim as yours! Don’t plagiat, copy cut, or reblog this post.

Mian for typos!

6 thoughts on “[Tutorial] How to Make Simple Frame #1

  1. oh gitu ternyata πŸ˜€
    kebetulan banget ada yang share tutorial bikin simple frame kayak gini. Soalnya selama ini aku cuma taunya bikin frame pake stroke.
    makasih ya kak buat tutorialnya^^ (aku panggil gitu boleh?? aku 04line)
    bermanfaat banget ini πŸ˜€

    Like

    • okay, sama2… ^^
      aku juga masih belajar kok.
      Kamu hebat lho, masih kecil udah mau nyoba hal2 beginian. Kalo aku saat seumuran kamu, masih suka bikin komik sendiri. Blm kenal PS. Maklum, jaman doeloe. Hihihi
      Selamat mencoba ya

      Like

      • Tapi art kakak udah bagus banget, aku masih cetek ._.
        heheh iya aku hobi gambar soalnya πŸ˜€ kebetulan sepupu aku ada yang lagi belajar desain grafis. dia juga yang ngenalin aku sama ps makanya aku tertarik apalagi kalau liat poster2 bagus punya artworker2 lain kayak kakak akhirnya tertarik deh bikin poster πŸ˜€ #ok, aku curhat ceritanya^^

        makasih ya kak πŸ˜€ doain aku bisa^^

        Like

        • aamiin…
          pasti bisa kok. Kalo ada usaha, pasti hasilnya bagus.
          Yg penting sabar dan telaten. Aku juga masih cetek ini. Kalah jauh sama artworker2 kece diluar sana. Hihi… Maka dari itu, ayo semangat bikin art yg bagus! πŸ™‚

          Liked by 1 person

Give Your Response Juseyo...

